Wayang kulit adalah kesenian tradisional yang lahir, hidup, tumbuh, berkembang terutama dalam masyarakat Jawa. Lebih dari sekadar pertunjukan, wayang kulit dahulu merupakan media permenungan menuju roh spiritual para dewa.
WAHANAMEDIA.COM –Penelusuran jejak sejarah menyatakan bahwa wayang sudah ada sejak 1500 SM. Wayang pada zaman tersebut difungsikan sebagai alat mendatangkan arwah leluhur. Kepercayaan terhadap arwah leluhur berhubungan dengan sistem kepercayaan masyarakat Jawa zaman prasejarah.
Wayang kulit semula berkembang di lingkungan istana. Jadi kesenian rakyat dan menyebar ke tempat-tempat jauh.
Pada saat itu masyarakat melakukan ritual penyembahan kepada arwah leluhur atau nenek moyang. Dari kepercayaan terhadap arwah leluhur inilah masyarakat membuat wayang dengan gambar bayangan para leluhur yang sudah meninggal.
Makna wayang mengalami perubahan seiring perkembangan dalam masyarakat. Wayang tidak lagi dimaknai ritual penyembahan, tetapi, sebagai seni pertunjukan.
Wayang kulit adalah kesenian tradisional yang lahir, hidup, tumbuh, berkembang terutama dalam masyarakat Jawa. Lebih dari sekadar pertunjukan, wayang kulit dahulu merupakan media permenungan menuju roh spiritual para dewa.
Istilah “wayang” sendiri berasal dari kata “ma Hyang”, yang berarti menuju spiritualitas Sang Kuasa. Tapi ada juga yang mengatakan “wayang” berasal dari teknik pertunjukan yang mengandalkan bayangan (bayang/wayang) di layar.
Wayang kulit, terbuat dari kulit kerbau, diyakini sebagai embrio dari berbagai jenis wayang yang ada saat ini. Ia dimainkan seorang dalang; diiringi musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga (pemain gamelan) dan tembang yang dinyanyikan para pesinden.
Setiap bagian dalam pementasan wayang kulit mempunyai simbol dan makna filosofis yang kuat. Apalagi dari segi isi, cerita pewayangan selalu mengajarkan budi pekerti yang luhur, saling mencintai dan menghormati, sambil terkadang diselipkan kritik sosial dan peran lucu lewat adegan goro-goro.
Wayang kulit berasal dari dearah Jawa, dengan sejarah yang sangat panjang. Catatan tertua tentang wayang kulit atau wayang purwa tersua dalam Prasasti Kuti bertarikh 840 M dari Joho, Sidoarjo, Jawa Timur. Prasasti ini menyebut kata haringgit atau dalang.
“Haringgit adalah bentuk halus dari kata ringgit. Kata ini sampai sekarang masih ada dalam bahasa Jawa, yang berarti wayang,” catat Timbul Haryono, guru besar arkeologi Universitas Gadjah Mada, dalam “Masyarakat Jawa Kuna dan Lingkungannya Pada Masa Borobudur” termuat di 100 Tahun Pasca Pemugaran Candi Borobudur.
Pada masa itu, dalang memimpin dan memainkan pertunjukan wayang di lingkungan istana. Arkeolog Dyah W. Dewi dalam “Kesenian Wayang Pada Masa Jawa Kuno dan Persebarannya di Asia” menyebut pertunjukan wayang mempunyai arti khusus. “Sehubungan dengan diselenggarakannya suatu upacara untuk memperingati suatu kejadian,” catat Dyah, termuat di Pertemuan Arkeologi V.
Sebagian ahli pewayangan, semisal R.M. Mangkudimedja, menduga bentuk awal wayang tak seperti sekarang. Dulu wayang hanya tampak bagian depannya. Bahan dasar pembuatan wayang pun berbeda dari sekarang. Dulu wayang terbuat dari daun lontar, bukan kulit hewan ternak seperti sekarang.
Tapi selingkar ahli arkeologi lainnya membantah dugaan R.M. Mangkudimedja. Contohnya Soedarso Sp. Dia meyakini wayang sudah terbuat dari kulit. Dia mendasarkan pandangannya pada isi Kakawin Arjunawiwaha anggitan Mpu Kanwa bertarikh 1036 M.
Tentang lakon dalam pertunjukan wayang kulit periode awal, hanya Prasasti Wukajani dari zaman pemerintahan Raja Mataram bernama Dyah Balitung (907 M) yang menyebutnya cukup jelas. Prasasti Wukajani menyebut mawayang bwat hyang atau pertunjukan wayang dengan lakon Bima Kumara. Kisah ini sempalan dari wiracarita Mahabharata yang bertutur tentang kegilaan Kicaka pada Drupadi.
Keterangan tentang wayang kulit termaktub pula pada relief di candi-candi Jawa Timur abad ke-10 seperti Candi Surawana, Candi Jago, Candi Tigawangi, dan Candi Panataran. Kehadiran wayang kulit dalam relief candi di tiga tempat berbeda menunjukkan kesenian ini telah menyebar ke berbagai wilayah.
Perkembangan wayang kulit memasuki babak baru pada masa kesultanan Islam. Wayang kulit tak lagi eksklusif milik lingkungan istana. Para pendakwah Islam di Jawa membawa wayang kulit ke masyarakat akar rumput. Mereka juga mengubah bentuk-bentuk wayang agar sejalan dengan ajaran Islam dan tujuan dakwah. Beberapa pendakwah Islam itu juga seorang dalang yang andal. Yang paling terkenal adalah Sunan Kalijaga
Lakon dalam pertunjukan wayang kulit masa Islam masih mengambil kisah-kisah dari Mahabharata. Tapi pendakwah Islam memasukkan beberapa istilah dan tokoh baru dalam lakon-lakon itu. Antara lain empat tokoh lucu yang dikenal sebagai panakawan: Semar, Petruk, Bagong, dan Gareng.
Kedatangan orang-orang Eropa ke Nusantara ikut memberi warna baru bagi wayang kulit. Para penyebar agama Katolik dari Sarikat Jesuit pada masa kolonial mengikuti jejak pendakwah Islam dalam menggunakan wayang kulit sebagai media penyebaran agama.
Peran Wayang dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia
Wayang memiliki peran penting sejalan dengan perkembangan masyarakat Indonesia. Secara umum wayang memiliki peran sebagai berikut:
1. Media dalam Menyampaikan Pesan, Informasi, dan Pelajaran
Sebelum adanya teknologi informasi, masyarakat kuno menggunakan wayang sebagai media dalam menyampaikan pesan dan informasi. Melalui pertunjukan wayang, penonton dapat memperoleh pelajaran moral yang dimuat dalam alur cerita pertunjukan wayang. Peran wayang sebagai media penyampai pesan masih dirasakan masyarakat hingga kini terutama di wilayah yang masih menggelar pertunjukan wayang.
2. Media Syiar Islam
Wayang sebagai media dakwah dapat dilihat saat zaman kerajaan Demak untuk menyebarkan agama Islam. Salah satu tokoh Islam yang memanfaatkan media ini ialah Sunan Kalijaga. Uniknya, Sunan Kalijaga menjadi dalang dan menciptakan karangan yang berupa cerita sandiwara dalam pergelaran wayang dengan mencantumkan kalimat syahadat.
Untuk memudahkan masyarakat awam dalam menerima dan memahami agama Islam, Sunan Kalijaga juga memasukan rukun Islam ke dalam tokoh pandawa lima.
3. Media Komunikasi Sosial
Penggunaan wayang dinilai masih relevan digunakan hingga sekarang. Wayang menjadi salah satu media komunikasi yang digunakan dalam menyampaikan kritik maupun keresahan sosial berupa gagasan-gagasan seputar isu yang berkembang di masyarakat. Gagasan tersebut dikemas dalam kesenian, sehingga dapat diterima dan menjadi menarik untuk didengar dan disaksikan.
4. Media Hiburan
Jika menilik sejarah wayang, peran dan fungsi wayang yang semula sebagai media pemujaan roh leluhur berganti menjadi wahana hiburan. Hal ini dilihat dari banyak pergelaran wayang yang digelar untuk memeriahkan acara kebudayaan hingga sebagai ajang untuk melestarikan budaya daerah.
Kearifan lokal wayang kulit lahir, tumbuh, hidup di Indonesia, kemudian menyebar ke penjuru dunia.
Berbagai sumber